LAPORAN PENERIMAAN SUMBANGAN DANA KAMPANYE (LPSDK) PEMILU TAHUN 2019 KPU KOTA BATAM

Rabu, 02 Januari 2019 KPU Kota Batam menerima Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Peserta Pemilu 2019 untuk Partai Politik dan Tim Pemenangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

LPSDK merupakan pembukuan yang memuat seluruh penerimaan yang diterima partai politik dan pasangan calon yang dialokasikan untuk dana kampanye.

Sumber dana pasangan calon presiden dan wakil presiden bisa berasal dari tiga pihak, yaitu pasangan calon itu sendiri, partai politik pengusung pasangan calon, dan sumbangan yang sah menurut hukum dari pihak lain. Sementara, besaran dana kampanye yang bisa disumbangkan dari setiap pihak telah diatur besarannya dalam Pasal 327 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

UU Pemilu membatasi sumbangan dana kampanye perseorangan maksimal Rp 2,5 miliar. Adapun, sumbangan dana kampanye yang berasal dari kelompok, perusahaan, atau badan usaha nonpemerintah tidak boleh melebihi Rp 25 miliar. Besaran pembatasan sumbangan dana kampanye itu, sama dengan batasan sumbangan dana kampanye untuk calon anggota DPR dan DPRD kabupaten/kota. Hal ini telah diatur dalam Undang-Undang Pemilu Pasal 331 ayat (1) dan (2).

Laporan Dana Kampanye, selain mendorong tatakelola keuangan juga sebagai bentuk kepatuhan keuangan partai politik, calon anggota legislative dan tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden.